Minggu, 13 September 2015

Mengenal Apa itu Root Pada Android


mengenal apa itu root pada android

Mengenal apa itu root pada android - Perkembangan pengguna android yang sangat pesat khususnya di Indonesia sebenarnya bukan tanpa alasan. Selain dari harga smarphone android yang murah, perkembangan pengguna android juga terjadi karena android yang bisa di root, sehingga pengguna android bisa bebas mengatur dan mendesain android nya.

Mungkin banyak dari temen-temen pengguna android yang masih bertanya-tanya "apa itu root? apa fungsi root pada android saya? mengapa saya harus menroot android saya?" dan masih banyak lagi pertanyaan yang lainnya dari para pengguna android.

Untuk menjawab semua pertanyaan temen-temen pengguna android, maka mari kita bahas tentang apa itu root pada android sehingga teman-teman bisa memahami apakah rooting itu perlu dilakukan di android anda atau tidak.


Apa itu Root Pada Android

Root berarti memiliki akses penuh terhadap perangkat android kita. Istilah root ini sudah ada dalam sistem operasi berbasis linux yang dimana para penggunanya dapat melakukan root untuk bisa memiliki akses penuh terhadap perangkat sistem operasi. Jika dari versi wikipedia menjelaskan pengertian root sebagai berikut :

'Root adalah suatu akun sistem yang memiliki kekuasaan mutlak guna mengakses dan mengeksekusi semua berkas, perintah, dan sistem dalam sistem operasi berbasis Linux (termasuk Android). Intinya, 'root' memiliki akses tanpa batas untuk mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada di dalam sistem Android.(Wikipedia)

Dengan melakukan rooting pada android anda, maka anda akan mendapatkan hak akses penuh terhadap perangkat android anda, sehingga anda dapat menghapus aplikasi bawaan android anda yang tidak penting agar dapat meningkatkan kinerja android anda. Selain itu anda juga dapat melakukan banyak hal dengan android anda, seperti custom ROM, ganti icon batre/sinyal dan lain-lain.

Di dalam melakukan rooting pada android, anda akan menemukan beberapa istilah yang mungkin akan membingungkan bagi anda yang baru mengenal atau baru belajar ngeroot android, berikut ini istilah-istilah umum yang akan anda temukan :


  • ROM/Firmware

    ROM pada android bisa dibilang adalah OS dari android. ROM ini adalah modifikasi dari os android yang dikembangkan oleh pihak ketiga dengan fitur yang lebih menarik. Develover yang membuat custom ROM salah satunya CyanogenMod.


  • Flashing

    Flashing adalah suatu metode yang digunakan untuk mengupgrade atau mengganti ROM pada perangkat android anda.


  • Kernel

    Kernel adalah bagian penghubung antara kode program, driver, sofware dan hardware pada android agar dapat berinteraksi satu dengan yang lainnya.


  • Recovery Mode

    Recovery mode merupakan tempat untuk membackup atau merestore. Selain itu recovery mode juga berfungsi reset ke setelah pabrik, dll.


  • Bootloader

    Bootloader adalah tempat kode-kode program yang menjadi pondasi sistem android. Bootloader pada setiap android biasanya berbeda-beda sesuai vendor yang membuat android tersebut


  • Wipe(hapus)

    Wipe adalah perintah untuk menghapus semua data pada perangkat android. Biasanya ini dilakukan sebelum melakukan flash atau custom ROM.


  • APK (Android Aplication Package)

    APK adalah exstensi file yang digunakan untuk menginstal aplikasi/game pada android.


  • Brick

    Brick adalah kondisi dimana android anda tidak dapat digunakan lagi, akibat kesalahan saat melakukan flashing firmware atau karena sebab yang lainnya.


Fungsi Root Android

Dengan melakukan rooting pada android, banyak sekali fungsi yang bisa kita dapatkan, diantaranya adalah kita mendapatkan hak akses penuh terhadap perangkat android kita, dapat melakukan modifikasi terhadap android kita sendiri sesuai keinginan kita, dapat meningkatkan performa android kita dll.

Selain itu, anda juga akan mendapatkan pengetahuan di bidang rooting android, setidaknya anda akan menjadi tahu seperti apa dan bagaimana sistem kerja dalam smartphone android.


Kelebihan Rooting Android


Custom ROM

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, jika anda melakukan rooting android maka anda bisa mengganti ROM android anda dengan ROM buatan pihak ketiga yang menawarkan fitur-fitur yang menarik.

Bagi anda yang memiliki android dan belum mendapatkan update os terbaru, bisa menggunakan custom rom agar dapat juga merasakan updatean terbaru dari versi-versi android os sebelumnya.

Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Ketika android anda sudah di root, maka anda dapat menghapus semua aplikasi bawaan android yang anda anggap tidak penting agar memori internal dan memori ram anda bisa sedikit lega.

Bagi yang memiliki android dengan spesifikasi rendah, kelebihan ini mungkin sangat dirasakan karena dapat meningkatkan kinerja android anda setelah aplikasi-aplikasi bawaan tersebut di hapus.

Backup Semua Aplikasi dan Data

Backup aplikasi dan data pada perangkat android sangat penting dilakukan agar semua aplikasi dan data kita tetap aman dari kehilangan. Bagi pengguna android yang sudah memiliki hak akses penuh alias rooted maka akan sangat mudah sekali dalam melakukan backup seluruh aplikasi dan data dengan menggunakan aplikasi yang bisa di download pada Google Play Store.

Update Baseband

Dengan menroot android, anda akan dapat melakukan update terhadap basebands pada smartphone android anda. Dengan melakukan update terbaru baseband anda, maka anda dapat meningkatkan kualitas signal pada smartphone anda.

Kekurangan Rooting Android


Bricking atau Kerusakan

Alasan utama temen-temen penguna android untuk tidak melakukan rooting pada android adalah keruskan atau bricking dimana pada keadaan ini android anda tidak lagi berfungsi atau tidak bisa digunakan lagi sehingga satu-satunya jalan keluar dari masalah ini adalah "Lem Biru" (Lempar Beli Baru) hahahaha, hanya itu satu solusi yang baik jika kondisi ini terjadi pada anda, tapi saya harapkan ini tidak pernah terjadi :)

Saran saya sebelum anda melakukan rooting android, pelajari dahulu tentang cara root yang benar, jangan gunakan hanya dengan satu sumber saja, tapi carilah dari berbagai sumber di internet yang menjelaskan cara rooting android. Selain itu cari tahu apakah tipe android anda bisa di root atau tidak, karena ada beberapa tipe smatphone android yang susah untuk di root dan selalu ingat "Do With Your Risk" jika anda memang memutuskan untuk melakukan rooting android.

Garansi Perangkat Tidak Berlaku Lagi

Ya, ini adalah hal yang wajar terjadi. Jika anda memutuskan untuk menroot android anda, maka garansi android anda akan tidak berlaku lagi (jika masa garansi android anda masih).

Saran saya jika masa garansi android anda masih berlaku, maka sebaiknya tunggu sampai masa garansi android anda habis untuk melakukan rooting android, dan pastikan dalam melakukan rooting android selalu ingat "Do With Your Risk"

Related Posts

Mengenal Apa itu Root Pada Android
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Komentar yang menyertakan link aktif tidak akan di publish