Kamis, 10 September 2015

Cara Mempercepat Kinerja Android Tanpa Aplikasi


Cara Mempercepat Kinerja Android Tanpa Aplikasi

Cara Mempercepat Kinerja Android Tanpa Aplikasi - Para pengguna smartphone android yang memiliki memori ram 512MB ke bawah pastinya sering mengalami android menjadi lemot atau kinerja android menurun seiring usia penggunaan android yang terus bertambah

Ada beberapa hal yang membuat perangkat android anda menjadi lemot seperti kapasitas memori internal dan memori ram yang terlalu kecil, penggunaan aplikasi yang terlalu banyak, cahce aplikasi yang menumpuk dan bisa jadi karena os android anda yang belum di update

Agar kinerja android anda tidak menjadi lemot, ada beberapa hal yang harus anda lakukan pada smartphone android anda supaya kinerja android anda menjadi optimal, untuk itu silahkan baca penjelasan saya mengenai cara mempercepat kinerja android tanpa aplikasi di bawah ini


Cara Mempercepat Kinerja Android Tanpa Aplikasi

 

Update Firmware Smartphone Anda

Jika anda mendapatkan pemberitahuan untuk update firmware android anda, maka segeralah update firmwarenya, tetapi jika anda belum mendapatkan notifikasi untuk update firmware maka lewati langkah ini dan lanjutkan ke langkah selanjutnya.

Dengan melakukan update firmware pada smartphone anda akan dapat mengatasi bug yang ada dan anda juga akan mendapatkan penambahan fitur terbaru dari firmware yang anda update, karena setiap ada update firmware terbaru pasti akan ada penambahan fitur terbaru dan beberapa masalah yang terjadi pada firmware sebelumnya akan teratasi.


Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Jika memori internal dan memori ram smartphone anda kecil, maka hapuslah aplikasi yang tidak begitu penting bagi anda karena itu hanya akan membuat memori internal dan memori ram anda penuh dan akibatnya dapat membuat android anda menjadi lemot.

Ada beberapa aplikasi bawaan andorid yang memang tidak bisa bisa anda hapus nantinya jika android anda belum di root karena anda tidak mendapatkan hak akses untuk melakukan itu, tetapi jika android anda sudah di root maka anda dapat menghapus semua aplikasi bawaan yang tidak penting bagi anda tanpa ada masalah.


Hapus Cahce Aplikasi Android Anda

Dalam penggunakan aplikasi, sudah pasti nantinya aplikasi yang anda gunakan itu menyimpan cahce atau berkas-berkas dari pemakaian aplikasi tersebut dan tentu dapat membuat android anda menjadi lemot karena jika dalam waktu lama cahce tersebut tidak anda hapus akan menupuk dan menjadi banyak.

Untuk menghapus cahce aplikasi yang ada di android anda, pertama silahkan masuk ke menu setting/pengaturan seperti dibawah ini :

Hapus Cahce Aplikasi Android


Setelah itu pilih cahced data dan klik OK untuk menghapus cahce aplikasi android anda

Hapus Cahce Aplikasi Android

Pada beberapa smartphone android mungkin akan sedikit berbeda tampilan dan tempatnya,  jadi silahkan disesuaikan saja dengan contoh di atas :)

 

Matikan Efek Animasi Pada Android

Ketika anda akan menuju ke home screen atau anda memindahkan halaman aplikasi ke kanan atau ke kiri maka smartphone android anda akan menampilkan efek transision yang keren bukan ? Tetapi bagi anda yang memiliki smartphone android dengan spesifikasi kurang, maka sebaiknya animasi tersebut anda matikan saja karena bisa membuat android anda menjadi lemot.

Untuk mematikan animasi dan efek transision tersebut bisa anda lakukan baik pada smartphone root maupun unroot, sehingga anda tidak harus menroot android anda untuk mematikan fitur ini. Silahkan anda masuk ke pengaturan pada android anda, setelah itu pilih "About Device" yang biasanya berada paling bawah, selanjutnya tekan "Build Number" sebanyak 7x lebih agar mode developer diaktifkan

Matikan Efek Animasi Android

Setelah itu kembali lagi ke pengaturan dan cari dan masuk ke "Developer Option" yang letaknya diatas About Device.

Matikan Efek Animasi Android


Lalu cari dan matikan "Window Animation Scale", "Transition Animation Scale", dan "Animator Duration Scale". silahkan anda klik  dan pilih off pada window animation scale, transition animation scale dan animator duration scale untuk mematikan fungsinya tersebut.

Matikan Efek Animasi Android


Matikan Efek Animasi Android


Lakukan hal diatas pada transtition animation scale dan animator duration scale.


Bersihkan Memori Ram Smartphone Android Anda

Untuk mempercepat kinerja android, membersihkan memori ram ini sangatlah penting dilakukan agar android kita tidak menjadi lemot. Membersihkan memori ram ini nantinya akan menutup aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan sehingga kinerja android kita dapat meningkat.

Untuk membersihkan memori ram ini kita tidak perlu menggunakan aplikasi apapun, seperti pada judul artikel ini yaitu cara mempercepat kinerja android tanpa aplikasi, jadi disini kita tidak akan menggunakan aplikasi apapun.

Untuk mulai membersihkan memori ram smartphone anda, silahkan anda klik dan tahan tombol home sampai muncul pilihan seperti pada gambar dibawah :

Bersihkan Memori Ram Android

Setelah itu silahkan klik gambar task manager seperti pada contoh dibawah ini :

Bersihkan Memori Ram Android

Setelah itu pilih tab RAM dan klik "Clear Memory" untuk membersihkan memori ram anda dan anda akan melihat pada ram status kapasitas ram yang masih kosong akan berkurang karena beberapa aplikasi yang sedang berjalan di tutup.

Bersihkan Memori Ram Android

Pada beberapa smartphone android mungkin akan sedikit berbeda tampilan dan tempatnya,  jadi silahkan disesuaikan saja dengan contoh di atas :)


Restart Smartphone Android Anda

Tips yang terakhir adalah restart smartphone android anda agar struktur dari os android anda bisa kembali normal. Cara ini sebenarnya cukup ampuh untuk membuat kinerja smartphone android anda lebih cepat.


Kesimpulan

Dengan cara-cara diatas sebenarnya sudah cukup untuk mempercepat kinerja android anda tanpa menggunakan aplikasi. Bahkan jika anda menggunakan aplikasi ponsel android untuk mempercepat kinerja android anda itu juga tidak menjamin kinerja android anda bisa lebih cepat, karena aplikasi tersebut hanya menghapus cahce atau menutup aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan sama seperti cara diatas, hanya saja dengan menggunakan aplikasi terlihat lebih simple dan lebih cepat.

Related Posts

Cara Mempercepat Kinerja Android Tanpa Aplikasi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Komentar yang menyertakan link aktif tidak akan di publish